Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas terbaik di indonesia by university rankings Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Tips Melatih Mental Ayam Bangkok untuk Ayam Aduan

Tips atau cara melatih ayam bangkok terutama mental ayam bangkok sebagai ayam aduan yang paling efektif adalah dengan cara menjajal ayam bangkok dengan untulan (ayam pelatih), ataupun dengan ayam bangkok lainnya. Latihan selain untuk meningkatkan mental, juga memberikan pengalaman bertarung sebelum ayam bangkok tersebut diturunkan di arena laga.


Jajal ayam bangkok atau abar ini umumnya dilakukan setiap satu minggu sekali. Jangan setiap hari, karena ayam butuh recovery terhadap bekas luka fisik pada jajal sebelumnya, yang setidaknya butuh waktu 3 hari. Belum lagi bekas luka mental yang dialami ayam saat pernah mengalami grogi terkena pukulan dan sebagainya. Keseringan diabar bisa merusak mental, akibat bosan dan lelah mental. Kecuali jika kita benar-benar tahu dan pengalaman dalam melihat perubahan mental ayam bangkok, sehingga kapan saja bisa diabar jika tampak mentalnya lagi tinggi dan percaya diri.

Cara melatih ayam bangkok atau ayam aduan dengan abar adalah:
  • Dilakukan kapan saja, tetapi umumnya sore hari, setelah paginya latihan fisik, atau sehari sebelumnya istirahat.
  • Paruh dibungkus dengan plaster, dan juga taji ditutup, baik ayam yang akan dilatih maupun lawan tandingnya. Pada ayam muda, paruh ditutup ini harus dilakukan agar mentalnya tidak drop saat kena patuk dan ditarik oleh lawan tandingnya. Paruh ditutup membuat ayam lebih banyak mengeluarkan gerakan untuk mencari peluang mematuk atau memukul. Segala macam cara terus dicari oleh ayam bangkok yang ditutup paruhnya, sehingga berbagai macam gerakan akan keluar semuanya. Ini tentu sangat baik untuk meningkatkan macam-macam gerakan, kelincahan, trik. Jika diabar cukup lama akan meningkatkan stamina dan penyesuaian terhadap otot-otot paha, sayap dan leher .
  • Lamanya sekitar 5 atau 10 menit pada latihan jajal pertama. Berikut-berikutnya bisa ditingkatkan latihannya hingga 1 ronde, 2 ronde dan seterusnya. Paruh sesekali dibuka, tentunya lihat situasi mental ayam yang sudah penuh percaya diri.
  • Lawan tanding dilakukan dengan cukup banyak tipe teknik bertarung, sehingga ayam yang dilatih akan memiliki pengalaman yang makin luas dan makin cerdik. Kitapun akan tahu kelemahan ayam yang dilatih menghadapi berbagai macam teknik tersebut. Sehingga saat akan turun di kalangan dapat memilih lawan yang tipenya dapat diimbangi dan memungkinkan ayam kita menang.
  • Jangan segan dan malu untuk menyetop permainan jajal atau abar ketika ayam yang dilatih dalam keadaan terdesak, grogi ketakutan, atau terkena pukulan yang membahayakan. Jika sekali gagal (ayam tampak ragu dan merasa takut) maka akan sulit mengembalikan mentalnya.
Demikian sekilas cara melatih ayam bangkok untuk ayam aduan, dengan cara melakukan tarung abar atau jajal dengan untulan


0 komentar:

Posting Komentar

Sisik ayam aduan ciri ayam bangkok Ciri Ayam Birma

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
free website promotion SubmitX.com