Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas terbaik di indonesia by university rankings Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Tips Perawatan Ayam Bangkok Sebelum ke Arena Aduan

Ayam bangkok yang disiapkan turun ke arena aduan adalah ayam bangkok yang sudah cukup usia, otot dan fisik sudah terbentuk, stamina, mental serta kemampuan bertarungnya sudah teruji berdasarkan hasil test abar berkali-kali. Cara merawat ayam bangkok sebelum turun ke arena aduan ini berbeda dengan ayam yang masih tahap latihan seperti artikel latihan rutin untuk ayam bangkok aduan.
Tips Perawatan Ayam Bangkok Sebelum ke Arena Aduan


Usia bertarung ayam aduan di atas usia 10 bulan hingga ayam memasuki masa mabung (rontok bulu ) yang sekitar usia 1,5 tahun. Usia tidak jadi patokan utama, yang penting ayam sudah terlatih dan sudah sarat pengalaman karena sering di test adu persahabatan atau diabar. Ada ayam aduan sebelum mabung sudah turun arena 5 kali lebih karena menang di ronde-ronde awal dan tidak mengalami luka serius. Tetapi ada pula yang hanya bisa bertarung 2 kali saja karena mengalami luka serius sehingga butuh 1-2 bulan untuk pemulihan.

Cara merawat ayam bangkok yang sudah siap diadu dan akan diturunkan ke arena aduan bertujuan sekedar mempertahankan otot, kelenturan dan kelincahannya, dan lebih ditujukan untuk menjaga tubuhnya tetap fit dan segar. Cara merawat ayam bangkok tersebut dilakukan seperti berikut ini.

Memandikan dan menjemur ayam bangkok antara pukul 9 sampai pukul 12 siang dengan lama waktu penjemuran sekitar 1 jam, tergantung cuaca.
Diumbar dikandang umbaran sampai sore atau bisa diputerin selama 5 menit, dan kemudian diumbar sampai sore jam 4 atau jam 5 sore.
Jika tidak ada kandang khusus umbaran cukup dilepas bebas secukupnya, setelah itu kembali ke kandang istirahat.
Untuk pakan cukup diberi makanan sehari-hari ditambah setiap minggu diberi 1 butir telur. Jika ada telur itik lebih baik. Dapat pula ditambahkan madu atau gula merah.
Pemberian obat-obatan cukup diberi vitamin B Kompleks 1 minggu sekali 1-2 butir setelah ayam makan sore. Ada juga yang memberikan tambahan vitamin C atau multivitamin atau hanya tomat sebagai pengganti vitamin.
3 hari sebelum ayam di adu, hentikan pemberian telur dan obat-obatan. Ayam juga harus lebih banyak istirahat.
1 hari sebelum di adu ayam tidak dikeluarkan atau dikarantina selama 1 hari penuh.
Pagi hari sebelum ayam di adu silahkan berikan ramuan khusus penambah tenaga super. Lihat postingan: Jamu ayam aduan bangkok yang ampuh untuk sabung ayam
Kondisi akhir ayam bangkok sebelum dibawa ke arena aduan harus diketahui apakah dalam keadaan top fit atau tidak. Bisa dilihat ciri ciri pada kulit muka, kaki, bentuk kotorannya dan tampak agresif. Lihat artikel: ciri ciri ayam bangkok siap adu dan super fit.

Di arena aduan, ayam yang di adu memerlukan penanganan dan perawatan khusus pula. Hal ini bisa dilihat pada artikel: Cara merawat dan memelihara ayam bangkok di arena aduan.

Demikianlah Tips perawatan atau cara merawat ayam bangkok sebelum dibawa ke arena ayam aduan. Informasi tentang ini sangat banyak dibahas di forum Papaji atau Ayam Laga.

0 komentar:

Posting Komentar

Sisik ayam aduan ciri ayam bangkok Ciri Ayam Birma

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
free website promotion SubmitX.com